Scanning Electron Microscope (SEM)

Alat SEM ada yang dilengkapi dengan EDS ada yang tidak. Jika dilengkapi dengan EDS (Energy Dispersive Spectroscopy) maka alat tersebut dapat untuk dipakai menganalisa unsur kimia yang ada dipermukaan. Namun jika akan mengaktifkan EDS biasanya memerlukan pendingin berupa nitrogen cair yang dimasukkan pada kontainer yang telah disediakan pada alat SEM-EDS. Berikut ini gambar dari alat SEM tanpa EDS beserta komputer untuk menampilkan dan memproses gambar yang dihasilkan.
Image135

Persiapan material yang akan dianalisa cukup sederhana. Khususnya untuk bahan – bahan yang bersifat konduktor maka hanya perlu dilekatkan pada sample holder yang terbuat dari logam. Biasanya pemegang sampel ini dapat dipakai untuk menempatkan 4 sampel berbeda sekaligus sehingga ketika menganalisa tidak perlu setiap akan ganti sampel membuka-tutup SEM. Berikut ini contoh logam untuk tempat sampel.
Image134
Biasanya sampel dilekatkan dengan bantuan selotip karbon. Contoh dari selotip karbon adalah seperti dibawah ini.
Image133

Untuk sampel berupa serbuk. Setelah ditempel selotip karbon maka serbuk ditebarkan pada permukaan selotip dan sisa serbuk yang tidak dapat menempel harus dibersihkan sehingga tidak menganggu alat vakum dalam SEM ketika analisa. Dibawah ini adalah gambar dari sampel holder yang telah ditempel selotip dan diberi serbuk yang akan dianalisa.
Image130

Kemudian sampel beserta tempatnya dimasukkan kedalam alat SEM. Alat SEM semakin mudah untuk dioperasikan. Kesulitan biasanya hanya pada proses pemfokusan gambar pada pembesaran yang tinggi yang dilakukan dengan memutar tombol pemfokus yang ada pada panel seperti pada gambar dibawah ini.
Image095

3 Komentar Add your own

  • 1. zovi  |  Oktober 22, 2011 pukul 4:00 pm

    saya mau tanya. SEM adanya dimana ya?
    karena saya butuh untuk penelitian saya.
    tolong bagi infonya ya..
    thanks

    Balas
  • 2. zovi  |  Oktober 22, 2011 pukul 4:04 pm

    saya mahasiswa skripsi di FKG-USU, sedang memerlukan SEM untuk menjalankan penelitian saya. kalau bole saya tau SEM ada nya dimana ya? karena saya butuh alat dan operator yg dapat membantu saya, agar data dapat saya peroleh.
    thanks.

    Balas
    • 3. materialcerdas  |  Oktober 22, 2011 pukul 7:06 pm

      empat tahunan yll pernah menganalisis sampel dgn SEM di LIPI dan BATAN serpong. Atau universitas besar seperti UI, ITS dan UGM kemungkinan juga punya. Maaf kondisi terkini tidak tau persis karena lama di luarnegeri

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


%d blogger menyukai ini: