Memodifikasi Zeolit dengan Surfaktan

Zeolit alam dapat ditingkatkan kualitasnya dengan mengubah stuktur kristalnya dengan perlakuan panas di dalam suasana basa yang kuat seperti pada artikel yang lain, namun bisa juga ditingkatkan atau dimodifikasi sifatnya dengan memodifikasi permukaannya. Seperti sudah kita pelajari jika sebenarnya zeolit permukaannya bermuatan negatif sehingga dia mampu mengikat ion – ion positif seperti Na+, Ca2+ yang bisa ditukar dengan ion lain. Sehingga secara teori zeolit hanya baik digunakan untuk penjerapan limbah yang mengandung ion – ion positif saja. Sebenarnya, dengan bantuan surfaktan kita bisa memodifikasi pemukaan zeolit sehingga bermuatan positif yang dikenal dengan sebutan SMZ (surfactant modified zeolite) seperti pada gambar dibawah ini.

zmsjpg
(sumber:clu-in.org)

Sufaktan yang dipakai haruslah yang memiliki muatan positif. Diatas permukaan zeolit, surfaktan akan membentuk dua lapisan. Lapisan surfaktan pertama kepala surfaktan yang bermuatan positif menempel pada permukaan zeolit yang bermuatan negatif sedang ekornya mengarah keatas. Kemudian lapisan kedua, ekor surfaktan menempel pada ekor surfaktan lapisan pertama sehingga kepala yang bermuatan positif berada diatas. Hal ini mengakibatkan ZMS bermuatan positif dan siap untuk menjerap molekul atau ion bermuatan negatif. Hal yang perlu diperhatikan tentunya dengan penambahan lapisan surfaktan diatas permukaan zeolit maka pori – pori zeolit akan menjadi lebih kecil hal ini bisa menjadi hal yang diharapkan atau menjadi yang dihindari dari suatu aplikasi tertentu. Manfaat yang lain ZMS juga mampu menjerap molekul organik yang tidak bermuatan yang akan terjerap di sekitar ekor – ekor surfaktan seperti ilustrasi pada dalam gambar diatas.

2 Komentar Add your own

  • 1. Angel Dianty  |  Oktober 3, 2011 pukul 4:59 am

    Gimana metode yang paling tepat untuk ngemodifikasi zeolit ini?

    Balas
    • 2. materialcerdas  |  Oktober 3, 2011 pukul 6:15 am

      Biasanya memodifikasi zeolit adalah dengan menukar ion positif yg menempel pada permukaan zeolit yang memiliki muatan negatif. Bisa dengan surfaktan atau dengan ion logam lain yg diinginkan.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


%d blogger menyukai ini: